Thursday, September 27, 2018

Lakukan ini bila ingin Peristiwa G30S PKI tidak berulang kembali

Setiap tanggal 30 September pada setiap tahun, masyarakat Indonesia mengalami keteraumaan yang barangkali sulit untuk dilupakan. Karena di tanggal itu ada peristiwa yang sangat menyakitkan. Peristiwa yang dimaksud adalah G30S PKI 1965 yang merupakan singkatan dari Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia.

 Monumen PancasilaPeristiwa itu menggambarkan bagaimana penyiksaan yang berujung kematian bagi 7 Pahlawan Revolusi yang dituduhkan kepada Partai Komunis Indonesia (PKI). Menurut berbagai sumber bahwa Tujuan gerakan itu adalah :

1. Pahlawan Revolusi itu dituduh membentuk dewan jenderal untuk menjatuhkan Presiden Soekarno
2. PKI ditudukan ingin mengganti ideologi Pancasila yang merupakan dasar Negara yang telah disepakati sampai detik ini dengan ideologi komunis.

Sampai hari ini kedua tuduhan itu masih diperdebatkan kebenarannya. Apalagi dalang dibalik peristiwa itu masih misteri. Walau beberapa sumber ada yang mengungkapkan tetapi kebenarannya masih perlu dikaji dan diuji lebih dalam.

Dari sini tampak bahwa persoalannya adalah "tuduhan" yang belum tentu benar. Itu sebabnya dalam agama mengapa tuduhan atau bahasa agamanya Su'u Zhan (buruk sangka) itu sebahagiannya adalah dosa dan kefasikan 49:12

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.
49-Al-Hujurat : 12

Dengan demikian, hikmah yang dapat diambil dari peristiwa G30S PKI adalah :
1. Jangan membiasakan menuduh orang tanpa bukti yang nyata. 
2. Apabila ada berita, isu dan "katanya" maka tabayyun lah (teliti) atau tidak mudah percaya begitu saja.
3. Kekerasan atas nama kebenaran itu tidak dibenarkan. Baik dari segi agama maupun dari segi sosial.
4. Utamakan persaudaraan dan jauhi permusuhan.

Semoga peristiwa kelam tersebut tidak terulang kembali.

No comments:

Post a Comment

Cara membaca zaman dengan baik dan benar

Pada dasarnya dari dulu dan sampai kapanpun bahwa zaman itu begini begitu saja. Maksudnya selama masih ada matahari terbit di sebelah timur ...

My Blog List