Friday, January 20, 2012

Bagaimana aqidah seorang muslim (beragama islam) yang sebenar-benarnya?

Bismillaahirrahmaanirrahim

Allah berfirman :
Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. (Q.S.5:3)

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (Q.S.2:208)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah- langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S.24:21)

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (Q.S.3:103)

Apa itu agama?
ajaran, sistem yg mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kpd Tuhan Yang Maha kuasa serta tata kaidah yg berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya (Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/agama)

Apa itu aqidah?
kepercayaan dasar; keyakinan pokok (http://kamusbahasaindonesia.org/akidah)

Apa itu islam?
agama yg diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. berpedoman pd kitab suci Alquran yg diturunkan ke dunia melalui wahyu Allah Swt. (http://kamusbahasaindonesia.org/islam)

Pembahasan :
Setiap manusia butuh agama. Dengan beragama maka manusia itu akan teratur/tertata hidupnya, yaitu hidupnya selama di dunia. Manusia yang beragama pasti beraqidah, yaitu memiliki kepercayaan dan keyakinan yang pokok/dasar.

Manusia yang baik dan benar pasti memilih agama Islam. Mengapa? Karena Islam adalah agama yg diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. berpedoman padda kitab suci Alquran yang diturunkan ke dunia melalui wahyu Allah Swt.

Tetapi mengapa kebanyakan manusia tidak memilih Islam sebagai agamanya?
Firman Allah :
Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab (Yahudi dan Nasrani) kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya. (QS. Ali Imran : 19)

Dan siapa yang mencari selain Islam sebagai dien (sistem hidup), maka tidak akan diterima darinya dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi (QS. Ali Imran : 85)

Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: "Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku." Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: "Apakah kamu (mau) masuk Islam." Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Q.S.3:20)

Kata kuncinya mengapa kebanyakan manusia tidak memilih islam sebagai agamanya (pedoman hidupnya) adalah menolak kebenaran Islam sebagai agama yang sebenar-benanya dikarenakan kedengkian, mengingkari dan tidak adanya petunjuk yang diberikan Allah kepadanya.

Kesimpulan :
1. Agama Islam adalah agama yang sebenar-benarnya dari Allah dan disampaikan oleh para rasulNya (penyampai dan pemberi contoh tauladan)
2. Orang Islam yang sebenar-benarnya adalah orang beriman yang bertaqwa (takut kepada Allah dengan cara mentaati segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya)dan tidak mengikuti langkah-langkah syaithan (lalai, dengki, ingkar (kafir/kufur)
3. Orang Islam dinilai bukan dari simbol dan pakaiannya saja tetapi aqidah dan akhlaknya dan mendapat predikat taqwa.

Maka orang Islam jangan terjebak terhadap golongan-golongan yang mengatas-namakan Islam tetapi cara dan gerakannya justru bertentangan dengan apa yang sudah ditetapkan Allah dan ketauladanan para Nabi dan RasulNya.

Bacalah Al-Quràn dengan artinya, kemudian pahami makna-makna pada setiap ayatnya melalui tafsir para ahli tafsir yang masyhur. Amalkan jika perintahNya dan jauhi laranganNya

Bacalah Hadist-hadist shohih dengan artinya, kemudian pahami makna-makna pada setiap hadist melalui tafsir para ahli hadist yang masyhur. Amalkan maksud ucapan dan perbuatan serta diamnya Nabi saw. Jika hari ini ada perkara ibadah yang tidak sesuai dengan sunnah Nabi maka tinggalkanlah. tetapi kalau perkara muamalah yang tidak ada dengan sunnah nabi tetapi membawa kemaslahatan ummat dan tidak mengandung Tahayul, Bidàh dan Khurafat maka dibolehkan.

Aqidah Islam yang sebenar-benarnya adalah bertaqwa kepada Allah dan beramal sholeh (ibadah dan muamalah)

Yang benar datangnya dari Allah dan yang salah datangnya dari daya syaitan

Berlombal-lombalah dalam kebajikan dan taqwa.....

No comments:

Post a Comment

Cara membaca zaman dengan baik dan benar

Pada dasarnya dari dulu dan sampai kapanpun bahwa zaman itu begini begitu saja. Maksudnya selama masih ada matahari terbit di sebelah timur ...

My Blog List