Saturday, October 29, 2011

tips mengatasi komputer atau laptop bermasalah (hang, tidak terkoneksi internet, cepat panas dan mati tiba-tiba)

Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman untuk para pembaca dalam permasalahan seputar komputer atau laptop. Bisa saja saat ini anda sedang mengalaminya. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda dan memberikan solusi dan jalan keluar dari permasalahan komputer atau laptop anda.

Ketika anda mengalami permasalahan pada komputer atau laptop anda, harus diketahui akibat dan penyebab permasalahannya :

- Jika komputer anda sering hang atau crash (mouse tidak bisa digerakkan, kursor diam, dan lain sebagainya. Maka yang harus anda lakukan :
Restart windowsnya. Dan jika kembali terulang maka komputer anda terserang virus.

Cara mengatasi komputer terkena virus : install antivirus lokal (smadav), dan antivirus luar negeri (avira) dan scan komputer anda dan restart.

Jika antivirus anda tidak bisa mengatasinya, kemungkinan harus di install ulang melalui format ulang windows anda dan cara ini adalah cara yang kurang menyenangkan dan alternatif terakhir. jangan lupa dibackup dokumen penting anda (word, poto, video, MP3 dan lain-lain). Karena efek dari install ulang adalah windows anda seperti baru kembali dan menghapus file-file yang ada di dalamnya jika disimpan di drive C. Lebih aman di drive D untuk data jika hardisk anda dipartisi (bagi dua). cara partisi hardisk melalui penginstallan windows atau menggunakan software partisi (partition drive).

- Jika komputer anda tidak terkoneksi internet, kemungkinan :

Pertama, komputer anda tidak memakai modem. oleh karena itu penyelesaiannya adalah anda harus memiliki modem (membelinya). Dan jika anda memiliki laptop, alternatifnya anda bisa berinternet dengan wifi. Mudah bukan?

Kedua, jika anda memiliki modem atau laptop anda tersambung dengan wifi tetapi tidak bisa internet maka periksalah koneksinya atau settingan firefox mozillanya (alternatif internet explorer).

Ketiga, bisa juga terserang virus. Dan cara penanganannya sama dengan permasalahan di atas.

- Jika Laptop anda terlalu panas dan mati tiba-tiba, kemungkinan :

Pertama, anda terlalu lama menggunakannya, maka saran saya matikan dulu laptopnya sampai dingin kembali dan hidupkan jika anda ingin menggunakan laptop anda kembali.

Kedua, laptop anda kemungkinan terserang virus, maka penyelesaiannya sama seperti masalah sebelumnya.

Ketiga, jika kedua masalah di atas tidak terselesaikan maka sebaiknya dibersihkan dulu laptop anda dari debu atau jika anda berani (saran saya habis garansi) maka bongkar sendiri dan bersihkan debu di sekitar kipas. Karena menurut pengalaman penulis bahwa laptop yang sudah lama digunakan biasanya debu menempel antara kipas dengan pembuangan. Oleh karena itu hati2 dalam membongkar laptop jika mengerti. karena sparepart laptop itu sensitif dan menggantinya cukup mahal. Dan Jika perlu maka sebaiknya dibawalah ke service centre laptop dimana pembaca beli.

Keempat, jika masalah ini juga tidak menyelesaikan maka kemungkinan laptop anda tidak bisa digunakan lagi.

Demikian beberapa tips dari saya dan semoga bermanfaat. Dan tips lainnya tentang laptop dan komputer akan diberikan di kesempatan lainnya. Insya Allah.

Saran saya, rawat baik-baik komputer dan laptop anda dengan memeriksa sesering mungkin terhadap kestabilan komputer atau laptop anda. Gunakanlah dengan bijaksana. Karena laptop dan komputer itu pada dasarnya ada memiliki masa (tidak kekal).

1 comment:

Cara membaca zaman dengan baik dan benar

Pada dasarnya dari dulu dan sampai kapanpun bahwa zaman itu begini begitu saja. Maksudnya selama masih ada matahari terbit di sebelah timur ...

My Blog List