Sunday, October 23, 2011

Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Tapi bagaimana caranya?

Allah berfirman dalam surah Al-Hasyr ayat 18 yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."


Nabi saw pernah mengatakan bahwa "Siapa yang hari ini sama seperti hari kemarin maka dia orang merugi. Siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin maka dia orang yang beruntung. Maka siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka dia orang yang terlaknat".

Kalau kita pahami makna ayat dan sabda nabi itu bahwa Setiap manusia harus lebih baik daripada kemarin. Ini merupakan motivasi hidup yang diberikan oleh rasul agar manusia itu selalu berusaha lebih baik. Misalnya, kemarin dia malas maka hari ini dia harus rajin. Rajin mencari ilmu, rajin ibadah, rajin menolong sesama, dan sebagainya.

Agar hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, saya akan memberikan beberapa tips berdasarkan pemahaman dan pengalaman saya :

Pertama, selalu sadar dan jangan lupa diri. Manusia memiliki sifat lupa. lupa makan kalau keasyikan bermain atau bekerja. Lupa tidur kalau keseringan begadang. Lupa kalau tidak ingat. Apalagi ketika orang itu mendadak kaya maka ia menjadi sombong dan lupa bahwa ia pernah miskin. oleh karena itu selalu sadar bahwa kita itu pernah dan bersyukurlah.

Kedua, berusaha lebih baik dari kemarin. Berusaha atau ikhtiar merupakan cara yang paling ampuh dan sakti untuk berbuat sesuatu. Tanpa ada usaha maka seseorang itu pasti tidak akan mendapat hasil.

Ketiga, membuat perencanaan untuk hari ini dan esok. kebanyakan orang bingung ketika menghadapi hari ini. mau ngapain yah?. maka perlu membuat rencana apa yang akan dilakukan hari ini. misalnya kalau anda mau menikah, maka rencanakan niat anda, modal siapa pasangan anda, dan kapan hari tanggal dan tahunnya. karena terjadinya nikah itu jika ada niat, modal dan pasangan serta hari pernikahan.

Keempat, selalu berdoa kepada Allah dan tawakkal. Dengan memohon pertolongan Allah melalui ibadah dan doa maka Allah pasti selalu menunjuki dan membimbing kita agar hari ini lebih baik dari hari kemarin.

Kelima, tebar kebaikan sebanyak-banyaknya. Siapa saja pasti suka kepada kebaikan. Yang memberi kebaikan pasti disenangi oleh orang yang diberikan kebaikan. begitu juga orang yang diberikan kebaikan pasti menyenangi orang yang memberikannya kebaikan. maka isilah hari-hari anda dengan kebaikan.

Semoga bermanfaat tips ini untuk saya dan para pembaca. Tujuannya adalah untuk saling mengingatkan agar tidak termasuk kepada manusia yang merugi. rasakan efeknya (sudah benar-benar teruji. Buktikan!!)

2 comments:

  1. Ya Allah janganlah kamu belokkan hati...lindungi aku ya Allah dari langkah-langkah setan...

    ReplyDelete
  2. bagus banget tulisan nya,. semoga bermanfa'at selalu,. dan bnyak yg baca dan praktekan nya... amiinn...

    ReplyDelete

Cara membaca zaman dengan baik dan benar

Pada dasarnya dari dulu dan sampai kapanpun bahwa zaman itu begini begitu saja. Maksudnya selama masih ada matahari terbit di sebelah timur ...

My Blog List